Teknologi GIS yang Sudah Mulai Berkembang



  • Global Positioning System
Global Positioning System (GPS) adalah alat yang mampu menterjemahkan dan menampilkan ID2 itu sehingga bisa pakai sebagi petunjuk tempat atau posisi. Selain posisi X dan Y GPS juga ternyata mampu menterjemahkan pisisi ketinggian atau Z. Fungsi utama dari GPS cuman itu, tetapi karena fungsinya yang bisa menandakan posisi yang unik itu akhirnya GPS bisa dikembang beberapa fungsi baru seperti kompas, jalur perjalanan, penunjuk arah kelokasi tertentu, penghitung jarak dan lain2nya yang berhubungan dengan navigasi.
  •  Management Information System
Keamanan Sistem, banyaknya kepentingan, persaingan dan kemajuan teknologi informasi tampaknya ancaman dan resiko tidak boleh dipisahkan dari sebuah sistem informasi. Mengidentifikasi ancaman-ancaman berupa ancaman internal maupun eksternal baik sengaja maupun tidak dan identifikasi resiko berupa pencurian, perusakan (virus) harus menjadi perhatian yang serius sebelum memulai suatu Management Information System (MIS). Dalam perbaikan sistem seharusnya,menangani bisnis e-commerce yang dipikirkan bukan hanya faktor keuntungan yang akan diperoleh saja, tetapi harus memikirkan masalah antara lain pengembangan sistem, keamanan, DSS. Kesemuanya dimaksud agar diperoleh hasil yang optimal.

  •  ArcView
ArcView merupakan salah satu perangkat lunak Sistem Infrmasi geografi yang di keluarkan oleh ESRI (Environmental Systems Research Intitute). ArcView dapat melakukan pertukaran data, operasi-operasi matematik, menampilkan informasi spasial maupun atribut secara bersamaan, membuat peta tematik, menyediakan bahasa pemograman (script) serta melakukan fungsi-fungsi khusus lainnya dengan bantuan extensions seperti spasial analyst dan image analyst (ESRI). ArcView dalam operasinya menggunakan, membaca dan mengolah data dalam format Shapefile, selain itu ArcView jaga dapat memanggil data-data dengan format BSQ, BIL, BIP, JPEG, TIFF, BMP, GeoTIFF atau data grid yang berasal dari ARC/INFO serta banyak lagi data-data lainnya. Setiap data spasial yang dipanggil akan tampak sebagai sebuah Theme dan gabungan dari theme-theme ini akan tampil dalam sebuah view. ArcView mengorganisasikan komponen-komponen programnya (view, theme, table, chart, layout dan script) dalam sebuah project. Project merupakan suatu unit organisasi tertinggi di dalam ArcView.

Itu adalah beberapa Teknologi GIS yang sudah dikembangkan pada saat ini 

Comments :

0 comments to “Teknologi GIS yang Sudah Mulai Berkembang”

Post a Comment

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Artikel Terkait